Minggu, 10 Desember 2017

Cacar Air Bisa Menular Kembali

Diposting oleh Erwin Arianto di 19.17
Reaksi: 
Dalam sebulan ini berawal dari anak yang terkena cacar setelah teman sekolahnya memang banyak terkena cacar... setalah anak sembuh ibunya yang notabene telah terkena cacar, juga kembali terinfeksi cacar lagi.

Normalnya seseorang hanya terinfeksi sekali dengan cacar air. Ini dikarenakan terbentuknya antibodi pasca penyembuhan saat pertama kali terinfeksi. Namun ada beberapa kasus terjadinya reinfeksi (cacar > 1 kali) pada orang orang dengan kondisi medis tertentu seperti :

Orang dengan gangguan imun = AIDS
Orang yang mendapatkan obat penekan imun = pasien pasca transplantasi

Cacar air timbul akibat infeksi virus varicella. Penyakit ini menimbulkan gejala demam, timbulnya bercak kemerahan yang kemudian berubah menjadi lenting berisi cairan yang lama akan mengering dan menghitam. Penularan cacar air sangat mudah dan cepat, maka dari itu disarankan agar orang yang terinfeksi cacar di isolasi di ruangan khusus dan dihindarkan dengan anak, bayi, dan manula serta wanita hamil. Pencegahan satu satunya adalah dengan pemberian imunisasi cacar. Pengobatan cacar adalah dengan pemberian anti virus,  dan obat simptomatik lain untuk mengurangi gejala seperti lotion calamin, obat demam dll. Selain itu pemberian cairan yang cukup, makan makanan bergizi dan istirahat.

Cacar air atau disebut juga varicella adalah penyakit yang biasa didapat pada anak - anak saat mereka kecil dan disebabkan oleh varicella zoster virus (VZV). Gejala - gejala yang timbul biasanya disertai dengan gelembung - gelembung kecil berisi cairan. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sekali terkena cacar air maka tidak bisa terkena cacar air untuk kedua kalinya, apakah itu benar? Mari kita lihat disini.

Jika Anda sudah pernah terkena cacar air sebelumnya, memang jarang sekali timbul untuk kedua kalinya, akan tetapi hal ini bisa terjadi jika daya tahan tubuh Anda rendah ataupun infeksi pertama kalinya sangat ringan sehingga bisa timbul untuk kedua kalinya meskipun yang kedua kalinya mungkin tidak akan sehebat yang pertama.

Mengapa bisa timbul untuk kedua kalinya? ini berkaitan dengan adanya virus varicella yang sebenarnya tidaklah hilang dari tubuh melainkan tertidur di dalam serabut saraf - saraf sehingga masih bisa timbul kembali meskipun jarang berupa cacar air kembali.

Biasanya infeksi yang sering terjadi untuk kedua kalinya pada individu yang pernah terkena cacar air adalah terkena Herpes zoster atau yang kita sebut cacar ular, hal ini bisa terjadi karena virus yang sama yaitu varicella zoster virus yang menyebabkan cacar air juga menyebabkan timbulnya herpes zoster.

Seseorang yang belum pernah terkena virus varicella pada saat pertama kali terkena virus ini akan menampilkan gejala - gejala cacar air dan setelah itu, virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Jika virus ini aktif kembali maka virus ini muncul dengan gejala yang sedikit berbeda dari varicella dan disebut herpes zoster dimana secara umum gejala yang terjadi adalah rasa nyeri hebat atau rasa panas terbakar saat tubuh Anda bersentuhan dengan sesuatu meskipun sentuhan ringan seperti baju dan juga disertai dengan timbulnya gelembung - gelembung berisi cairan yang mirip dengan cacar air.

Sebuah hubungan yang unik memang antara varicella dengan herpes zoster tersebut, secara teori timbulnya herpes zoster ini berkaitan dengan respon imunitas tubuh kita yang rendah, tapi pada prakteknya, seringkali juga herpes zoster terjadi pada individu yang memiliki sistem imunitas normal dan tidak rendah. Pada pasien - pasien ini herpes zoster biasanya timbul karena kadar antibodi virus varicella zoster dan imunitas seluler dalam tubuh kita turun hingga tidak lagi efektif untuk menahan virus ini dan timbul aktivasi kembali.

Anda tidak usah bingung dengan adanya nama herpes karena virus varicella zoster ini memang termasuk keluarga "Herpes Virus" yang sama dengan virus herpes simplex yang biasa mengenai area genital maupun mulut.

Jadi benarkah pendapat yang mengatakan cacar air tidak bisa terkena dua kali? Tidak benar, meskipun jarang terjadi cacar air kembali tapi ternyata cacar air bisa terkena dua kali, entah mungkin saja berupa cacar air kembali ataupun sebagai herpes zoster

0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea