Selasa, 24 Oktober 2017

Perkiraan Biaya Melahirkan di Seputaran Depok

Diposting oleh Erwin Arianto di 02.15
Reaksi: 

Berapa Sih Biaya Melahirkan di Seputaran Depok?

Mungkin gue termasuk emak yang galau. Apalagi soal melahirkan yang makan biaya banyak. Apalagi kemungkinan besar gue kembali melahirkan secara sesar, kayak anak pertama. Tapi ya... karena waktu yang memisahkan anak pertama dan kedua udah lebih dari 3 tahun, konon bisa normal. Tapi enah kenapa, gue tetap aja deg-deg-an.

Karena kegalauan gue ini, sampe sekarang gue belum tau mau melahirkan di mana, padahal udah masuk semester ketiga lho, tepatnya 33 minggu. HPL gue sekitar 2 Mei 2016. Nah lho! Kalau emak-emak lain mungkin udah mantap, ngikutin tempat dia kontrol rutin atau dokternya. Nah, kegalauan gue ini juga yang mengantarkan gue keliling Depok buat survei biaya lahiran di beberapa rumah sakit. Dan ternyata survei ini nggak menyelesaikan masalah, gue tambah galau.

Karena gue nggak mau galau sendiri, maka gue akan berbagi hasil survei ini. Dan karena yang bikin gue deg-deg-an adalah SC, maka gue lupa ngintip biaya persalinan normal di beberapa rumah sakit. Ini dia hasilnya
1. RS Hermina Depok
Jl. Raya Siliwangi No. 50 Pancoran Mas, Depok. Telp. 021-77202525

Persalinan Normal
- Suite Room Rp 20.054.000
- SVIP Rp 16.882.500
- VIP Rp 15.319.000
- Kelas I Rp 11.039.750
- Kelas II Rp 8.456.000
- Kelas IIA Rp 7.982.000
- Kelas III Rp 6.401.500


Sectio Caesaria
- Suite Room Rp 35.128.200
- SVIP Rp 30.195.400
- VIP Rp 27.936.600
- Kelas I Rp 22.641.800
- Kelas II Rp 18.130.000
- Kelas IIA Rp 17.340.000
- Kelas III Rp 13.776.700
Tarifnya konon masih bisa berubah-ubah. Dan itu belum termasuk biaya administrasi 7 persen, tarif visite dokter, pemeriksaan laboratorium dan penunjang medis lainnya, biaya obat-obatan yang diresepkan. Artinya, biayanya lebih mahal dari yang tercantum di atas....
Oh ya, rumah sakit ini nerima pasien BPJS juga.

2. Hasanah Graha Afiah (HGA)
Jl. Raden Saleh No.42 (Studio Alam TVRI) Depok. Telp. 021-77826267
Nah, kalo tarif di rumah sakit yang terletak di daerah Raden Saleh (deket SMA 3 dan Studio Alam TVRI) ini agak lengkap. Gue nggak ke sana, cuma minta kirimin list tarifnya sama salah satu kenalan yang bekerja di sana. RS ini juga terima pasien BPJS.

Persalinan Normal
- VVIP Rp 13.963.500
- VIP Deluxe Rp 12.379.900
- VIP Rp 11.384.800
- Kelas I Rp 8.431.600
- Kelas 2 Rp 6.516.300
- Kelas 3 Rp 5.061.100

Sectio Caesaria
- VVIP Rp 25.792.350
- VIP Deluxe Rp 23.122.700
- VIP Rp 20.913.150
- Kelas I Rp 16.873.900
- Kelas 2 Rp 13.605.050
- Kelas 3 Rp 11.342.000

3. Mitra Keluarga Depok
Jl. Margonda Raya Pancoranmas, Depok Telp. 021-77210700, 77210800 (Depan terminal/ITC Depok).
Satu hal yang menarik di sini adalah program promo paket persaliannya yang berlaku sampai akhir Desember 2016 ini. Tapi promo ini hanya berlaku untuk kelas III ya. Sayarat dan ketentuan berlaku (misal, untuk persalinan normal tanpa induksi dan sesar bukan tengah malam). Harga promo paket ini:
- Persalinan normal Rp 4.700.000
- Sectio Caesaria Rp 11.500.000
Itu udah termasuk biaya kamar, dokter dll.

Kalau mau tarif normal, ini dia

Partus Normal
- SVIP Rp 7.250.000
Rp 9.370.000 (dengan tindakan/penyulit)
Rp 11.290.000 (dengan tindakan+penyulit)
Rp 12.080.000 (dengan ILA)

- VIP/IA Rp 6.070.000
Rp 7.870.000 (dengan tindakan/penyulit)
Rp 9.450.000 (dengan tindakan+penyulit)
Rp 10.360.000 (dengan ILA)

- IC/IB/ICU/ISOLASI Rp 4.720.000
Rp 6.180.000 (dengan tindakan/penyulit)
Rp 7.440.000 (dengan tindakan+penyulit)
Rp 8.650.000 (dengan ILA)

- Kelas II Rp 3.650.000
Rp 4.780.000 (dengan tindakan/penyulit)
Rp 5.740.000 (dengan tindakan+penyulit)
Rp 7.370.000 (dengan ILA)

- Kelas III Rp 2.755.000
Rp 3.595.000 (dengan tindakan/penyulit)
Rp 4.300.000 (dengan tindakan+penyulit)
Rp 6.155.000 (dengan ILA)

Sectio Caesaria (SC)

- SVIP Rp 26.718.000
- VIP/IA Rp 23.770.000
- IC/IB/ICU/ISOLASI Rp 20.610.000
- Kelas II Rp 16.752.000
- Kelas III Rp 12.971.500

Kelihatan nggak jauh beda sama paket yang ditawarin? Hohooo jangan salah. Tarif normal itu belum termasuk pemeriksaan penunjang, jasa konsul dokterbiaya admin, obat-obatan, biaya kamar ibu dan bayi, dan alat kesehatand i ruang perawatan. Jadi silakan diperhitungkan.

4. Sentra Medika
Jl. Raya Bogor, Jalan Raya Bogor, Telp. 021-874 3790
Ini sebenarnya agak jauh dari radar pantauan gue. tapi berhubung dokter kandungan gue praktek di sini juga, jadi gue pun mencari tahu biaya di sini. Eh tapi kok yang sempet gue foto cuma biaya SC ya? Di sini pun terima BPJS

SC
- VIP Rp 11.600.000
- Kelas I Rp 10.740.000
- Kelas II Rp 9.880.000
- Kelas III Rp 8.160.000

SC + Histerektomi
- VIP Rp 20.680.000
- Kelas I Rp 18.160.000
- Kelas II Rp 15.640.000
- Kelas III Rp 13.120.000

SC + Kategori besar (kista bilateral, ligasi A.hipogastrika, B-lynch)
- VIP Rp 16.160.000
- Kelas I Rp 14.640.000
- Kelas II Rp 12.620.000
- Kelas III Rp 11.100.000

Gue nggak ngerti istilah2nya. tapi mestinya sih yang bakal sering dipake SC biasa aja. Tapi ya... itu baru biaya tindakan, belum termasuk kamar, obat, pemeriksaan penunjang, tambahan biaya kalau di atas jam 9 malam, dan biaya administrasi 6 persen.

RUMAH SAKIT UMUM BUNDA MARGONDA
Bunda MargondaVVIPVIPKls IKls II
Partus Normal~ 16 jt~ 12 jt~ 10 jt~ 8 jt
Sectio Caesaria~ 30 jt~ 26 jt~ 24 jt~ 19 jt
Biaya di atas hanyalah perkiraan yang sesuai dengan ingatan saya, karena resepsionis Bunda Margonda tidak mengizinkan memfoto/membawa pulang tabel harga.
Biaya tersebut tidak termasuk biaya administrasi, obat-obatan untuk dibawa pulang, laboratorium dan beberapa tes, maupun tambahan dokter spesialis.
RSU Bunda Margonda tidak menerima BPJS.

RUMAH BERSALIN SUMBER BAHAGIA
RB Sumber BahagiaVIPKls IAKls IBKls IC
Partus Normal2.650.0001.900.0001.650.0001.400.000
Paket persalinan di RB Sumber Bahagia sudah termasuk fasilitas kamar, tindakan persalinan oleh bidan, pemakaian obat-obatan standar, dan perawatan ibu dan bayi selama tiga hari.
Jika menginginkan persalinan dibantu oleh dokter, dikenakan biaya tambahan sebesar 1.200.000 – 1.300.000.
KLINIK DEPOK JAYA
RB Depok JayaKls I1Kls IAKls IIAKls IIBKls III
Partus Normal6.000.0005.500.0005.000.0004.200.0003.800.000
Perkiraan biaya di klinik yang sepertinya cukup populer karena keberadaan dr. Nelwati tersebut adalah untuk persalinan normal yang didampingi oleh dokter dan sudah termasuk semua biaya, kecuali jika terjadi kesulitan dalam persalinan, seperti misalnya harus divakum.

RUMAH SAKIT TUGU IBU
Tugu IbuVIPKls IKls IIKls III
Partus Normal (bidan)7.845.0006.275.0005.100.0004.000.000
Partus Normal (dokter)10.950.0009.100.0007.500.0006.000.000
Sectio Caesaria23.108.00018.830.00016.100.00012.325.000
RS Tugu Ibu menerima BPJS untuk sectio caesaria.
RS TUMBUH KEMBANG
Tumbuh KembangSVIPVIPUtama
Partus Normal8.300.0007.900.0007.600.000
Sectio Caesaria20.300.00020.200.00019.900.000
Tumbuh KembangKls IKls IIKls III
Partus Normal6.200.0004.850.0003.750.000
Sectio Caesaria15.250.00012.380.0009.642.500
Perkiraan biaya itu belum termasuk obat-obatan, laboratorium, dan biaya administrasi.
Nah... Sementara itu dulu. 

1 komentar:

Bang bens depok mengatakan...

Mau tanya klo di rumah sakit Asyifa Parung bingung depok ada ga tabel harga nya

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea