Rabu, 25 Oktober 2017

Cara Cukur Rambut Bayi

Diposting oleh Erwin Arianto di 00.29
Reaksi: 

Ada yang bilang, rambut bayi itu harus dicukur. Nah, inilah cara mencukur sendiri rambut bayi. Sangat mudah dan dijamin aman!

Mencukur rambut bayi memang dianggap sebagai ritual yang "wajib" dilakukan oleh orangtua. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mencukur rambut bayi, perlu kamu ketahui bahwa akar rambut bayi sudah terbentuk sejak janin berusia 8 minggu. Pertumbuhan akar akan terus berkembang hingga bayi lahir. Rambut bayi yang pertama sering disebut dengan velus, helaian rambut bayi sangat lembut. Kalau ibu perhatikan, rambut halus bayi ini akan rontok dengan sendirinya sejak minggu pertama bayi lahir hingga berusia 12 minggu.
Manfaat Mencukur Rambut Bayi
Kenapa sih para ibu dianjurkan untuk mencukur rambut bayi? Ternyata dengan mencukur rambut bayi, banyak manfaat yang diperoleh oleh bayi. Mencukur rambut bayi, bisa membersihkan sisa-sisa lemak yang menempel akibat kotoran pada rahim ibu yang menempel di sekujur tubuh bayi. Keramas memang bisa membersihkan kotoran tetapi tidak cukup untuk mengangkat tumpukan lemak dan kotoran yang menempel pada rambut bayi.
Manfaat lainnya, bila rambut bayi plontos, maka ibu dengan mudah bisa mengamati bilamana ada masalah pada kulit kepala bayi. Selain itu bayi yang dicukur rambutnya akan lebih merasa nyaman karena rambut plontos nya akan membuat kulit kepala bayi terasa sejak, bayi pun tidak mengalami kegerahan di kulit kepala.
Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan
Kebanyakan dari orangtua, takut bila harus mencukur rambut bayinya. Padahal mencukur rambut bayi nggak sulit kok. Pertama kali yang harus kamu tanamkan adalah perasaan tenang dan tidak panik saat mencukur rambut bayi.
Kemudian, siapkan perlengkapan seperti gunting rambut, pisau cukur, air hangat secukupnya, handuk kecil dan desinfektan kulit. Saat mencukur, basahi rambut bayi dengan air hangat, karena proses menggunting akan lebih mudah saat rambut dalam kondisi basah. Nah, pertama kali gunting rambut bayi yang panjang, setelah itu cukur rambut bayi dengan pisau cukur. Ingat, gunakan pisau cukur yang baru dan steril ya. Pisau cukur akan memudahkan ibu untuk mencukur habis rambut bayi sampai plontos.
Perhatikan arah gerak posisi pisau cukur yaitu vertikal ke bawah dari penampang pisau cukur. Perhatikan pula posisi kemiringan pisau terhadap penampang lintang kulit. Saat mencukur rambut bisa menimbulkan luka/tergores seperti akibat terkena pencukur rambut (luka tipis), segeralah memberi obat antiseptik dengan menggunakan cotton bud.
Biasanya kesulitan saat mencukur bayi adalah ketakutan kalau bayi rewel dan menangis. Untuk mencegahnya, ibu bisa mencukur rambut bayi ketika bayi tidur lelap dan pastikan juga bayi dalam keadaan kenyang ya. Tips untuk ibu, dan jangan panik kalau si kecil tiba-tiba terbangun saat mencukur rambut. Ketika mencukur rambut bayi, kondisi ibu pun harus rileks lho mencukur rambut bisa menghabiskan waktu hingga dua jam! Ingat ya, Ibu, jangan ragu untuk meminta bantuan suami, atau mertua kalau kamu membutuhkannya.

0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea