Info Ibu, Bayi & Keluarga

Kumpulan Panduan Informasi Kesehatan Ibu Hamil, Bayi, Anak & Keluarga...

Menu Makanan Ibu—Bagi Perkembangan Gigi Sang Buah Hati Selama Dalam Kandungan

Diposting oleh Erwin Arianto

Menu Makanan Ibu—Bagi Perkembangan Gigi Sang Buah Hati Selama Dalam Kandungan


Sudah bukan rahasia lagi jika perkembangan gigi bayi bermula sejak dalam masa kandungan, oleh karena itu dibutuhkan asupan gizi yang baik. Beberapa ibu bahkan mengadakan diet selama kehamilan ataupun mencoba menu makanan yang di sarankan oleh para ahli.
Namun tahukah Anda menu khusus yang turut menyempurnakan pertumbuhan gigi sang Buah Hati selama dalam kandungan?
Fosfor—tidak hanya dikenal dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, mineral yang satu ini juga berperan penting bagi kontraksi otot, penggumpalan darah (proses yang mencegah terjadinya pendarahan/koagulasi). Selain itu fosfor juga membantu fungsi ginjal, konduksi saraf, memperbaiki sel dan berperan dalam menjaga detak jantung tetap normal.
Untuk dapat menikmati manfaat fosfor Anda dapat mengkonsumsi yoghurt, karena 1 cup nonfat yoghurt mengandung 385 mg fosfor dan pada saat Anda sedang mengandung dibutuhkan 700mg fosfor perhari-nya.
Jika Anda kurang menyukai rasa yoghurt yang sedikit asam, masih ada alternatif lainnya yaitu susu.
Namun nilai kandungan fosfor di dalamnya tidak sebesar yoghurt mengingat 1 cup susu bebas lemak mengandung 247mg fosfor.
Makanan lainnya yang juga mengandung fosfor adalah salmon, dada ayam dan kacang-kacangan.
Perlu diingat mineral yang satu ini tidak dapat bekerja sendiri, seringkali ia membutuhkan rekan sehingga tubuh dapat menyerapnya dengan sempurna. Oleh karena itu, Kalsium dan Vitamin D sangat dibutuhkan.
Kalsium—rekan kerja fosfor ini juga memiliki fungsi yang unik dalam pembentukan tulang dan gigi sang Buah Hati. Selain itu kalsium juga membantu pertumbuhan jantung, saraf dan otot yang sehat.
Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tidak boleh terabaikan khususnya saat Anda berada dalam masa kehamilan, karena janin dalam kandungan Anda akan mengambilnya dari tulang Anda dan tentu suatu saat menjadi masalah bagi kesehatan Anda.
Tapi, Anda tak perlu khawatir konsumsi makanan yang mengandung kalsium menghindari resiko medis tersebut dan sebenarnya Anda hanya membutuhkan 1000 mg kalsium perharinya.
Darimana kalsium dapat Anda peroleh? Salah satu makanan yang tak asing lagi adalah yoghurt, mengkonsumsi 1 cup plain skim milk yoghurt dapat menyumbang 488 mg kalsium bagi tubuh. Pilihan lainnya sarden yang dipadatkan atau dikeringkan dengan tulangnya, keju cheddar dan Bayam
Vitamin D—ini membantu sang Buah Hati untuk menghindari pertumbuhan tulang yang abnormal dan bagi Anda sendiri juga dapat terhindar dari resiko komplikasi selama kehamilan.
Setidaknya dibutuhkan 4000 IU (International Unit) Vitamin D perharinya. Oleh karena itu, Anda dapat mulai mencoba beragam jenis ikan seperti; salmon, makarel dan tuna (3 once salmon yang dimasak mengandung 360 IU).
Protein—tidak hanya membantu pertumbuhan bayi, Asam Amino yang satu ini juga membantu tubuh sang Bunda guna mempersiapkan ASI bagi buah hatinya.
Konsumsi protein yang dibutuhkan hanya 70 g perharinya dan didapat dari kacang-kacangan, susu kacang dan dada ayam panggang. (1/2 dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 27 g protein)
Merawat kesehatan gigi sang buah hati sejak masa kandungan tak kalah pentingnya dengan merawat gigi setelah mereka lahir dan ini menjadi moment luar biasa bagi sang bunda. Bukankah demikian?