Senin, 16 Maret 2009

Vaksin Kombo

Diposting oleh Erwin Arianto di 23.53

Vaksin kombo adalah gabungan beberapa vaksin dalam satu sediaan. Gabungan vaksin ini dikemas oleh pabrik. The Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) dan the American Academy of Pediatrics(AAP) merekomendasikan bahwa penggunaan vaksin kombo yang telah dikemas oleh pabrik lebih baik daripada memberikan 2 jenis vaksin yang diberikan secara terpisah pada saat yang bersamaan.

Pemberian vaksin kombo ini memiliki keuntungan karena lebih praktis, mengurangi jumlah suntikan, mengurangi jumlah kunjungan ke fasilitas kesehatan, dan mengurangi biaya pengobatan sehingga mampu meningkatkan kepatuhan terhadap imunisasi. Secara tidak langsung pemberian vaksin kombo dapat meningkatkan cakupan imunisasi.

Vaksin kombo yang tersedia saat ini adalah DPwT-Hep B, DPwT-Hib, DPwT-IPV, adalah DPaT-Hep B, DPaT-Hib, DPaT-IPV-Hib.

Vaksin kombo memiliki efektifitas, efikasi, daya proteksi yang sama dengan apabila komponen vaksin itu diberikan secara terpisah. Watemberg dkk dalam penelitiannya memperlihatkan bahwa respon antibodi yang timbul antara yang diberikan DPwT-Hib dengan yang mendapat DPT terpisah ternyata tidak berbeda bermakna. Penelitian di Thailand terhadap vaksin DPT-HepB terbukti memberikan imunogenitas yang sama terhadap semua antigen.

Pemberian vaksin kombo aman bagi bayi,. Meskipun dalam satu sediaan mengandung lebih banyak vaksin akan tetapi penelitian yang ada membuktikan bahwa pemberian vaksin kombo tidak meningkatkan terjadinya efek samping pada bayi bila dibandingkan bila vaksin diberikan secara terpisah.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan vaksin kombo pada anak aman, praktis dan jauh lebih ekonomis.

Referensi:

1. Hadinegoro SRS. Vaksin kombinasi. Dalam: Ranuh IGN, Soeyitno H, Hadinegoro SRS, Kartasasmita CB, penyunting. Buku pedoman imunisasi di Indonesia. Edisi ke-2. Jakarta: Satgas imunisasi-Ikatan Dokter Anak Indonesia; 2005.h. 190-200.

0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea