Rabu, 14 Januari 2009

Diposting oleh Erwin Arianto di 00.23
Lama Tidur Bayi
Tidur terlama bayi baru lahir adalah 4-5 jam. Lamanya periode tidur ini sesuai dengan periode seberapa lama perutnya dapat bertahan sampai waktu menyusu berikutnya.

Tangis Bayi
Masa dimana puncaknya bayi paling sering menangis adalah di usia 2 bulan. Lalu sesudahnya, frekuensi menangis akan menurun.

Bayi Kidal
Bayi sudah mulai menunjukan tanda-tanda kidal pada usia sangat dini, yakni usia 10 minggu.

Botol Susu
Selain menyebabkan kerusakan gigi, membiarkan si kecil tertidur dengan botol susu di mulutnya dapat meningkatkan resiko terkena infeksi telinga. Studi terkini bahkan menyatakan bahwa hal itu dapat membuat si kecil terserang asma. Minum dari botol sambil berbaring diduga dapat menyebabkan sebagian kecil dari susu ‘menetes’ ke paru-paru, yang dapat menimbulkan efek merusak paru-paru. Untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin terjadi, gendong atau posisikan si kecil setengah duduk ketika ia minum susu dan jangan pernah tinggalkan ia sendirian di atas tempat tidur dengan botol susunya.

Rooting Refleks
Rooting reflex dimiliki oleh semua bayi yang baru lahir. Refleks ini membuat bayi menengokkan kepalanya ke sisi dimana pipinya disentuh. Sentuh pipi kirinya, maka bayi akan refleks menoleh ke kiri. Sentuh pipi kanannya, maka rooting reflex membuatnya menengok ke kanan. Inilah yang menuntun mereka dengan mudah menemukan puting susu ketika disusui. Sentuhan puting susu di pipinya membuat ia langsung menoleh dan menemukan puting Anda.

Dilarang: NAMA ‘ANEH’

Pemerintah Malaysia mengeluarkan daftar nama-nama yang tidak boleh digunakan untuk penamaan bayi di negara tersebut. Orang tua tidak boleh menamakan anak mereka Zani yang berkonotasi lelaki penggoda. Atau nama Cina Chow Tow, yang artinya si kepala bau. Memberi nama anak sesuai dengan sebutan warna, nama binatang, bunga, buah-buahan diperbolehkan.

0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea