Selasa, 09 Desember 2008

MPASI - Makanan Pendamping ASI

Diposting oleh Erwin Arianto di 01.04
Reaksi: 
MPASI - Makanan Pendamping ASI

Kehamilan dimulai dari belajar cara mendapatkan kehamilan, kemudian cara memelihara kehamilan, cara melahirkan dan cara merawat dan membesarkan bayi dengan baik

Setelah ibu hamil mengandung selama kurang lebih 40 minggu kehamilan, bayi dilahirkan dengan cara operasi caesar ataupun melahirkan secara normal. Setelah itu pula bayi diberikan teknik inisiasi menyusui dini untuk membantunya mendapatkan ASI secara eksklusif selama 6 bulan.

Setelah 6 bulan ini berlalu, bayi dapat diberikan makanan pendamping ASI sebagai latihan agar kelak system pencernaannya dapat menerima makanan padat seperti pisang, bubur, sayur dan nasi. Banyak sekali variasi bubur yang dapat diciptakan oleh ibu. Perkenalkan sedikit demi sedikit dan buatlah dari beragam bahan makanan.

Sebaiknya makanan pendamping asi yang pertama diberikan kepada bayi adalah bubur susu. Untuk membuatnya ibu dapat menggunakan ASI sebagai bahan utama pembuatan bubur susu ini. Bila tidak memungkinkan untuk menggunakan ASI karena jumlahnya yang kurang atau ASI tidak keluar sama sekali, ibu dapat menggunakan susu formula sebagai pengganti ASI

Untuk permulaan ibu dapat mengenalkan satu jenis makanan kepada bayi. Makanan hendaknya mengandung banyak karbohidrat misal beras yang dicampur sedikit buah atau sayuran. Bila terdapat gejala alergi pada bayi hentikan dan konsultasikan ke dokter anak.

Ada berbagai macam makanan pendamping ASI yang dapat ibu masak untuk bayi ibu. Kami telah menyadur dari berbagai sumber mengenai resep masakan yang dapat ibu gunakan sebagai makanan mendamping ASI sebagai berikut :

Pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya dilakukan secara bertahap. MPASI ini diberikan mulai usia 6 bulan. Pada tahap awal berikanlah makanan pendamping ASI dengan satu pilihan rasa saja agar bayi beradaptasi baru kemudian dikenalkan dengan variasi rasa lain.

Kumpulan Resep Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Bubur Susu Pepaya
Bubur Susu Labu Kuning
Bubur Alpukat
Bubur Beras Merah dan Wortel
Bubur Susu Nasi

Bubur Susu Ubi
Bubur Susu Kentang
Bubur Susu Pisang
Bubur Susu Ubi Merah
Bubur Susu Pir dan Wortel

Sumber: e-kehamilan.blogspot.com

0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea