Selasa, 09 Desember 2008

toxoplasmosis Saat Hamil

Diposting oleh Erwin Arianto di 18.50
Reaksi: 
Infeksi Toxoplasmosis : Saat Hamil?

Mungkin anda sudah pernah membaca atau mendengar tentang infeksi toxoplasmosis, tapi bila infeksi toxoplasmosis ini terjadi saat hamil, apapula resikonya? dan apa yang sebaiknya dilakukan dan pencegahannya?
Apa itu toxoplasmosis?


Toxoplasmosis adalah suatu infeksi protozoa Toxoplasmosa gondii, yang biasanya terjadi melalui kontak dengan tinja kucing, makan makanan mentah, atau makanan daging yang terkontaminasi dengan toxo ini.

Hanya sekitar 20% wanita hamil dengan toxoplasmosis yang menunjukkan gejala dari penyakit ini.

Tetapi jika seorang wanaita terinfeksi sesaat sebelum atau selama kehamilan, maka kemungkinan sekitar 40-50% untuk menularkan ke bayi dalam kandungannya, walaupun ibu hamil sendiri tidak tanpa sakit.

Apakah resikonya bila terjadi saat hamil?

Bila infeksi toxo terjadi saat hamil maka akan dapat menyebabkan keguguran, atau bila anak lahir maka dapat timbul dengan beberapa masalah kesehatan, seperti: kelainan kongenital cacat; pembesaran hati dan limpa; Kekuningan pada kulit dan mata (jaundice); infeksi mata yang berat. dll

Apa yang sebaiknya dilakukan?

* Jadi jika anda merencanakan kehamilan atau sedang hamil , anda dapat berkonsultasi ke dokter anda apakah anda perlu untuk melakukan tes Toxo ini.

Tes toxoplasmosis biasanya akan dinilai nilai titer dari Ig M ( serangan Akut /sedang terjadi) dan Ig G ( antibodi terbentuk - pernah terjadi dimasa lalu ).

Dan bila tes Toxo anda positif aktif toxoplasmosis (ig M ) maka selanjutnya bila anda sedang hamil maka akan dilakukan pemeriksaan apakah bayi anda terinfeksi juga.

Dan dokter anda akan memberikan pengobatan terhadap infeksi Toxo ini, pengobatan akan memperendah resiko kelainan pada bayi dalam kandungan anda.


* Dan sebaiknya bila anda sedang hamil atau pencegahan yang dapat dilakukan;

-Hindari makan makanan yang dimasak setengah matang atau mentah.

-Bersihkan sayuran dan buahan sebelum dimakan dengan benar.

-Bila anda membersihkan sampah atau tempat sampah, jangan lupa menggunakan sarung tangan, atau sebaiknya serahkan tugas ini kepada anggota keluarga lainnya.

-Pakailah sarung tangan bila anda ingin mengerjakan pekerjaan kebun atau perkarangan anda, untuk menghindari kontak langsung dari kotoran hewan yang terinfeksi.
Tips Pencegahan Toxoplasmosis - Kehamilan.



Tips pencegahan toxoplasmosis - kehamilan. Seperti kita ketahui bahwa infeksi toxoplasmosis pada kehamilan dapat berbahaya dan menginfeksi bayi dalam kandunganya juga dengan berbagai komplikasi yang berbahaya, maka pencegahan adalah yang terbaik daripada mengobati.



Beberapa tips pencegahan terhadap toxoplasmosis secara umum dan selama kehamilan :

* Sebaiknya bila anda merencanakan kehamilan maka konsultasikan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan test Toxoplasmosis sebelum kehamilan anda, tujuanya bila memang anda positif terinfeksi, maka dapat dilakukan pengobatan yang optimal sebelum memasuki kehamilan anda.
* Hindari makan makanan yang dimasak mentah atau setengah matang.
* Bersihkan dan cucilah dengan baik buah-buahan atau sayuran sebelum dimakan.
* Bersihkan tangan, alat-alat dapur ( seperti; papan atau alas untuk memotong) yang dipakai untuk mengelola daging mentah, hal ini untuk mencegah kontaminasi dengan makanan lainnya.
* Jangan minum susu UNPASTEURIZED dari hewan..
* Bila anda membersihkan sampah atau tempat sampah, jangan lupa menggunakan sarung tangan, dan cucilah tangan atau sebaiknya serahkan tugas ini kepada anggota keluarga lainnya, bila anda sedang hamil.
* Pakailah sarung tangan bila anda ingin mengerjakan pekerjaan kebun atau perkarangan anda, untuk menghindari kontak langsung dari kotoran hewan yang terinfeksi.
* Tips Untuk anda yang memelihara kucing :


o Bila anda memelihara kucing, maka saat anda mencoba untuk hamil atau sedang hamil, serahkanlah tugas membersihkan kotoran kucing kepada anggota yang lainnya.
o Bersihkanlah kotoran kucing anda setiap hari dan ingat untuk menggunakan sarung tangan dan cucilah tangan anda setiap selesai membersihkan.
o Cucilah tangan setiap selesai bermain dengan kucing anda
o Buanglah kotoran kucing dalam plastik ke tempat sampah, jangan menanam atau meletakanya di dekat kebun atau taman anda.
o Jangan memberi makan daging mentah untuk kucing anda.
o Periksakanlah ke dokter hewan bila anda melihat bahwa kucing anda terdapat tanda-tanda sakit.
o Kucing yang dipelihara didalam rumah, yang tidak diberi daging mentah, dan tidak menangkap burung atau tikus, biasanya tidak terinfeksi.



Sumber: © Dr.Suririnah-www.infoibu.com


0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea