Selasa, 09 Desember 2008

Mendeteksi Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks

Diposting oleh Erwin Arianto di 21.35
Reaksi: 
Mendeteksi Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks

Mendeteksi Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks
Oleh: Mira Retno S

Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks adalah termasuk dalam kategori tumor ganas yang tumbuh di leher rahim wanita. Kanker ini dapat meluas ke vagina, rahim hingga indung telur. Pada stadium lanjut Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks mampu menyebar ke kandung kemih, usus besar dan bahkan dapat sampai menyerang hati, tulang maupun otak. Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks merupakan salah satu kasus kanker yang banyak dijumpai oleh wanita Indonesia.

Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti apa penyebab Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks. Faktor keturunan dan bakat menderita kanker disinyalir sebagai penyebabnya. Saat ini virus dari golongan Human Papiloma Virus (HPV) dan Herpes Simplex diperkirakan sebagai penyebab terjadinya Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks.

Pada stadium dini Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks tidak menunjukkan gejala apapun. Biasanya ditemukan saat pemeriksaan kesehatan/check up. Pada kondisi stadium lebih lanjut akan dijumpai keluhan-keluhan sebagai berikut :

- Keputihan yang berbau dan bercampur darah
- Perdarahan setelah melakukan hubungan intim
- Perdarahan di luar masa haid
- Perdarahan setelah masa menopause
- Nyeri daerah panggul dan kaki

Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks merupakan penyakit kanker yang dapat dicegah dengan cara menghindari factor-faktor risiko sebagai berikut :
- Menikah setelah berusia 20 tahun
- Cukup mempunyai 2 orang anak
- Mengobati keputihan
- Menjaga kebersihan alat kelamin

Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang dapat diketahui secara dini dengan mudah melalui pemeriksaan Pap Smear. Melalui pemeriksaan ini pula dapat dideteksi keadaan sebelum kanker (stadium pra-kanker). Apabila ditemukan sel pra kanker diperkirakan akan menjadi kanker sekitar 5 - 10 tahun kemudian.

Sumber: http://e-kehamilan.blogspot.com/

0 komentar:

 

Info Ibu, Bayi & Keluarga Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea